Ribuan Masyarakat Ikuti Senam Sehat Bersama Persani Dan Delegasi AGU

Kemeriahan Senam Sehat Bersama Persani dari atas drone

JAKARTA: Kehadiran President Gymnastic For All, Tatsuo Araki memperkenalkan senam Classical dan Lavender dihadapan sekitar 1500 peserta Senam Sehat Bersama Persani mendapat sambutan meriah, hari ini.

Kehadiran Tatsuo Araki sang pencipta gerakan-gerakan senam itu bersama president organisasi senam dunia yaitu President of The International Gymnastic Federation Morinari Watanabe, President of The Asian Gymnastic Union, A-Rahman Al Shatri membuat suasana senam bersama yang dilaksanakan di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (5/2/2017) menjadi demikian meriah.

Sebelumnya Cynthia Norton, Executive Member AGU juga memimpin ribuan peserta berkoas merah untuk melakukan senam pemanasan. Baik Cynthia yang menjadi instruktur dadakan untuk memeriahkan acara, maupun peserta dari klub senam yang ada bisa saling menyelaraskan gerakan-gerakan dan meneriakkan yel-yel bersama.

Selain Cinthya, sedikitnya 15 delegasi dan petinggi AGU lainnya hadir dan memperkenalkan diri di atas panggung. Sambutan meriah terutama ketika Ar-Rahman Alshatiri memberikan pidato singkat dengan senyum di wajah gantengnya.

“ Keinginan kami membangkitkan kembali olahraga senam di Indonesia direspons positif masyarakat dengan banyaknya peserta yang hadir. Dalam kepengurusan baru Persani, kita akan membuat kembali acara sosialisasi senam Gymnastic for all ini,” kata Ilya Avianti, Ketua Umum PB Persani.

Ribuan peserta banjiri Plaza Selatan GBK Senayan, Jakarta.

Ribuan peserta banjiri Plaza Selatan GBK Senayan, Jakarta.

Peserta dari klub -klub senam yang didominasi kaum wanita beserta masyarakat lainnya yang tengah menikmati Car Free Day ( CFD) dengan penuh semangat melakukan gerakan senam Classical, Aerobic, Lavender, Zumba, Poco-poco, dan senam Maumere.

Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) memang tengah menjadi tuan rumah kegiatan Executive Meeting Asian Gymnastic Union yang berlangsung 3-4 Febuari 2017 di Hotel Fairmont, Jakarta. Momentum itu dimanfaatkan pula untuk menggelar sosialisasi senam pada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi bersamaan dengan momen pertemuan tahunan Persatuan Senam Asia (AGU) dihadiri 30 peserta yang datang dari 19 negara sehingga peserta juga bisa menikmati antusiasme masyarakat pada olahraga senam yang disebut juga ibunya olahraga.

Sejak pagi hari pukul 6.00, Plaza Selatan GBK Senayan menghadap jalan utama Jendral Sudirman memang sudah dipenuhi ratusan peserta yang menikmati sarapan roti dari sponsor yaitu roti Tan Ek Tjoan dan pisang cavendish Sunpride untuk menambah energi.

Persani menargetkan click here lebih dari 2000 peserta dari 20 klub senam di Ibukota hadir dalam kegiatan ini, di tambah warga Jakarta yang tengah melakukan aktivitas di Car Free Day. Dari atas ketinggian, para peserta kegiatan Senam Sehat Bersama Persani ini memang mewarnai kemeriahan Car Free Day.

“Merupakan suatu kehormatan bisa senam bersama dengan anggota AGU dan presiden FIG yang aktif menyosialisasikan ke seluruh dunia bahwa senam bukan hanya ibu, tapi juga sekaligus sebagai The Father of Sport,” kata Ita Yuliati, Ketua I Persani.

Delegasi AGU bersama pengurus PB Persani

Delegasi AGU bersama pengurus PB Persani

Misi Persani untuk membangkitkan senam disambut antusias oleh masyarakat. Ita juga puas karena dapat mem perlihatkan juga ke dunia internasional jika senam di Indonesia bangkit lagi.

Dia berharap kebangkitan senam di Indonesia terus terjaga dan ke depan banyak muncul bibit atlet senam potensial yang akan membela nama Indonesia di ajang internasional.

“ Senam belakangan ini prestasinya kurang menonjol baik di event internasional maupun nasional. Oleh karena itu para pengurus baru PB Persani ingin membangkitkan dan memompa semangat masyarakat luas untuk membantu senam menyabet medali emas terdekat di event Asean Games 2017 di Kuala Lumpur maupun pada Asian Games 2018 di Jakarta,” ungkapnya.

Pepatah tak kenal maka tak sayang menjadi landasan bagi Persani untuk memompa kontribusi swasta dan masyarakat guna memasyarakatkan kembali senam apalagi jenis pertandingan senam beragam. Untuk Asean Games ada 18 nomor pertandingan sehingga peluang meraup perolehan 18 emas juga besar, tambahnya.

“Program jangka panjang kami adalah menyosialisasikan senam ke semua daerah, baik prestasi maupun rekreasi. Nanti ke depan ada kejuaraan yang sifatnya antar pulau, semacam festival, hingga kompetisi level nasional,” tambahnya.

Program Senam Sehat Bersama Persani ini melibatkan instruktur senam Kemenpora, Lody dan Dewi serta instruktur lainnya yang mengajak masyarakat berlatih senam classic, zumba, aerobik, senam Lavender, Poco-poco dan Maumere.

Kali ini pihaknya dapat merangkul kalangan yang peduli untuk membangkitkan potensi senam di tanah air antara lain Bank BJB , Bank BNI, Alita Group dan jasa keuangan lainnya.

Melalui aktivitas ini PB Persani berharap selain mengedukasi masyarakat untuk sehat melakukan senam juga sekaligus pencarian bakat calon atlit nasional dari berbagai club yang ada,” jelas Ilya.( Hilda Ansariah Sabri)