Persani Tuan Rumah Executive Meeting AGU 2017, Jadikan Momentum Kebangkitan Generasi Emas Atlit Senam

JAKARTA : Indonesia menjadi tuan rumah Executive and Technical Committees Meetings Asian Gymnastic Union (AGU) pada tanggal 2 – 5 Febuari 2017, di Hotel Fairmount, Jakarta. Acara yang rutin diselenggarakan setiap awal tahun ini bertujuan untuk membahas berbagai program pelatihan, pengembangan dan penyelenggaraan kejuaraan olahraga senam tingkat Asia.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani), Ilya Avianti, mengatakan bawah acara yang diikuti oleh 27 peserta dari 17 negara ini merupakan yang kedua diselenggarakan di Indonesia, setelah sebelumnya dilaksanakan di Bali pada tahun 2011.

“Suatu kebanggaan bagi Indonesia bisa kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Executive and Technical Committees Meetings AGU Tahun 2017 ini, kata Ilya.

Selain untuk membahas berbagai program kegiatan senam di Asia tahun 2017, pertemuan ini juga khusus membahas mengenai persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah, tambahnya.

Dia berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 nanti dapat menjadi momentum kebangkitan generasi emas atlit-atlit senam Indonesia untuk mencetak prestasi tertinggi di level Internasional.

Ilya berharap PB Persani di bawah kepemimpinannya dapat lebih fokus pada upaya untuk mendongkrak kembali prestasi atlit senam Indonesia untuk bertanding di tingkat internasional dengan target emas. Selain itu, hubungan kelembagaan dengan berbagai organisasi induk senam dunia juga harus ditingkatkan dengan banyak hadir di berbagai event internasional, termasuk training camp untuk para atlit.

images

Ke-17 negara yang akan hadir dalam meeting AGU ini adalah Qatar, China, Uzbekistan, Kuwait, Thailand, Jepang, Nepal, Malaysia, Pakistan, Philipina, Iran, Tunisia, Mesir, Taipei, Kazakhstan, Siria dan Vietnam. Pertemuan akan dipimpin langsung oleh President of AGU, Rahman Al –Shathri dan Technical Manager AGU, click here Anis Saoud.

Acara meeting AGU ini menjadi lebih bermakna karena juga akan dihadiri oleh Presiden Fédération Internationale de Gymnastique (FIG), Morinari Watanabe. FIG atau disebut juga The International Gymnastic Federation adalah induk organisasi senam dunia yang tertua dan sudah berpartisipasi dalam Olimpiade internasional sejak Tahun 1896. FIG merupakan Federasi Internasional yang membawahi AGU sebagai Federasi yang menaungi olahraga senam di tingkat Asia.

Bersamaan dengan momen pertemuan AGU tersebut, pada tanggal 5 Februari 2016 mulai pukul 06.00 WIB di Plaza Selatan Senayan, akan diselenggarakan kegiatan “Senam Sehat Bersama Persani”.

Kegiatan yang bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga senam ini akan dihadiri oleh kurang lebih 1.500 orang baik dari klub senam maupun pengunjung Car Free Day ( CFD). Para peserta akan diajak untuk berpartisipasi berlatih senam classical, zumba, aerobic, lavender, poco-poco dan senam Maumere.

Ketua I PB Persani, Ita Yuliati, mengatakan bahwa acara senam masal tersebut juga akan dihadiri oleh peserta meeting AGU dan President FIG. “Merupakan suatu kehormatan bisa senam bersama dengan President FIG yang aktif mensosialisasikan ke seluruh dunia bahwa senam bukan hanya Ibu, tapi juga sekaligus sebagai The Father of Sport,” ujar Ita.

Sementara itu, Sekjen PB Persani, M. Riyanto menambahkan bahwa melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan diperoleh respon dan dukungan dari masyarakat luas untuk pengembangan olahraga senam dan pertumbuhan klub-klub senam ke depannya.

“Dari klub-klub senam akan lahir atlit-atlit baru, dan menambah semangat berlatih bagi para atlit yang sudah ada untuk meraih sebanyak mungkin prestasi emas di Asian Games 2018. Kita sebagai tuan rumah sudah sepatutnya melahirkan atlit dengan medali emas sebanyak mungkin,” tutup Riyanto optimis. ( Hilda Ansariah Sabri).