Rapat Pleno Kedua Bahas RAB 2017 dan Dukungan Pemprov Untuk Event Bagi Para Atlit

JAKARTA: Rapat Pleno ke dua Persatuan Senam Seluruh Indonesia ( Persani) membahas empat bahasan utama yang dihadiri jajaran pengurus dari pusat dan provinsi membahas RAB 2017 dan event-event nasional maupun internasional

“ Ada empat bahasan yaitu persiapan Rakernas, pembahasan Program Kerja dan RAB 2017, persiapan acara Persani sebagai tuan rumah pertemuan Executive Meeting Asia Gymnastic Union ( AGU) pada 2-5 Febuari mendatang serta pembahasan Seagames dan Asian Games,” ungkap Ilya Avianti, Ketua Umum PB Persani, hari ini ( 10/1) .

Di dampingi M. Rianto, Sekjen, Ketum mengingatkan awal Febuari, tepatnya pada 3-5 Febuari Persani menjadi tuan rumah Executives Meeting Asian Gymnastic Union di Hotel Fairmont, Jakarta sekaligus event sosialisasi pertama senam pada masyarakat di acara Car Free Day yaitu Bugar Bersama Persani,” tambahnya sambil menjelaskan Rakernas Persani dijadwalkan berlangsung di akhir Febuari 2017.

Sekjen Persani, M. Rianto menyimpulkan bahwa pengurus provinsi Persani harus menyampaikan anggaran ke provinsi masing-masing agar para atlit senamnya mendapatkan pelatihan baik di dalam dan luar negri untuk mencapai prestasi meraih medali emas yang menjadi target organisasi.

“ Untuk itu Pengprov membutuhkan kalender event yang dibuat oleh PB Persani. Kalau sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan di tiap provinsi maka perlu dukungan langsung dari Gubernur, DPRD untuk keikutsertaan Atlet dalam tiap event, “ ujarnya.

Menurut Rianto untuk membahas Rencana Anggaran Belanja ( RAB) misalmya perlu di bentuk kelompok kerja ( pokja) kecil begitu juga pembahasan AD/ART dan Pokja organisasi (termasuk kode etik) dengan mengundang 3-4 pengprov untuk pembahasan lebih lanjut. Supaya pengprov tidak menunggu dalam pengajuan dana ke pemda , maka program kerja yang melibatkan pengprov click here dapat di share terlebih dahulu tanpa menunggu Rakernas.

“ Kita harus membuat rekap anggaran Binpres tahun 2017 agar bisa segera diketahui berapa bantuan dari Menpora sehingga dapat diketahui kebutuhan dana yang harus disediakan oleh PB dan solusi pendanaan yang akan dijalankan selanjutnya,” ujarnya.

20170112_141131

Rapat Pleno ke dua ini juga menyetujui kebutuhan menerbitkan program berbasis android sebagai salah satu cara memudahkan sosialisasi senam sebagai the mother of sport maupun salah satu cara mencari dana . Untuk kebutuhan atlit menghadapi Sea Games Kuala Lumpur dan Asian Games 2018 juga dibahas  pertemuan AGU serta dijabarkan rencana test event Persani dan kebutuhan dana yang ada.

Rapat juga dihadiri Wakil Ketua I, Ita Yuliati yang membawahi bidang Binpres, Litbang, Kesehatan dan Hubungan Luar Negri. Menurut dia litbang melihat kebutuhan aplikasi perlu disiapkan untuk skala Internasional.

“ Launching Aplikasi bisa disampaikan dalam Kegiatan AGU pada tanggal 3 Februari 2017 dimana Litbang mengelola Database dari Pengprov untuk bisa masuk dalam Aplikasi,” kata Ita.

Sementara itu Waka II, Sari Kencana Ayu yang membidangi Dana Promosi, Bendahara, Sarpras dan Kemitraan mengatakan bahwa untuk kegiatan test event Persani mulai mendata tempat-tempat yang cocok seperti hall B3 dan C3 di daerah Kemayoran.

“Kendala kami di Pusat malah tidak memiliki tempat latihan senam sementara sewa gedung mahal padahal semua untuk NKRI dan kebutuhan atlit,” tandasnya.

Wakil ketua III Persani, Amir Karyatin yang menangani Bidang Organisasi dan Hukum serta Bidang Hubngan Pemerintah menyatakan siap bentuk pokja dan melibatkan perwakilan Pengprov minimal DKI Jakarta dan Banten mengingat keterbartasan yang ada. ( Hilda Ansariah Sabri)